TikTok Learning- Aksi Nyata Penerapan Pemikiran Ki Hajar Dewantara Di Kelas dan Di Sekolah
PGP-1-Kabupaten Garut-Wina Dwina Hermayanti-1.1-Rancangan Aksi
Latar Belakang
Melihat kondisi nyata peserta didik yang masih Belajar dalam masa Pandemi/ Pembelajaran jarak Jauh (PJJ) dimana pembelajaran rasanya kurang efektif dan tidak beraktivitas nyata, maka dari itu dengan berbasis aktivitas diharapkan pembelajaran akan lebih efektif, nyata terasa dan merdeka, apalagi siswa terlibat langsung sebagai Subjek sekaligus Objek pembelajaran dan memanfaatkan lingkungan sekitar siswa. Maka dari itu saya sebagai guru penggerak selalu ingin menciptakan inovasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga mereka tetap semangat belajar walau hanya di rumah. Berdasarkan pemikiran Ki hajar Dewantara kita sebagai guru juga harus mengikuti atau menyesuaikan perkembangan anak pada zaman nya. Sebagai pendidik tentu kita juga harus bisa mengarahkan dan menuntun anak-anak kepada pembelajaran yang bermanfaat seperti mengajarkan teknologi selama Pembelajaran Jarak Jauh ini yang sangat diperlukan dalam pembelajaran. Agar tidak semakin jenuh, selain menggunakan pembelajaran daring/online saya juga menerapkan rencana aksi nyata ini dengan pembelajaran Luring atau kunjungan dengan kelompok belajar.
1. Diharapkan siswa merasakan keterlibatan langsung dalam pembelajaran.
2. Diharapkan siswa bebas merdeka dalam berkreativitas, pendapat ide dan gagasan dalam proses pembelajaran.
3. Diharapkan siswa mengikuti dengan antusias dalam melakukan setiap pembelajaran kegiatan dan di akhir pembelajaran tugas yang diberikan siswa dalam bentuk photo atau video serta audio.
4. Diharapkan ada peningkatan kompetensi baik sikap maupun pengetahuan baru serta penerapan teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh ini.
5. Literasi dalam pembelajaran bisa meningkat walau hanya dalam tayangan yang singkat.
Linimasa tindakan yang akan dilakukan:
- Menyiapkan
kelas yang akan di jadikan tindakan untuk aksi nyata
- Menyiapkan
bahan-bahan materi PPT, serta RPP
- Menyiapkan
alat dan bahan pendukung
- Menyiapkan
instrument rubrik pengamatan ketercapaian tujuan dan hal lain yang dapat
mendukung
2. Tindakan
(Minggu Ke 2)
- Melakukan
aksi nyata sesuai dengan rencana
- Membimbing
dan memfasilitasi siswa ketika proses pembelajaran berbasis Aktivitas sesuai
dengan tujuan yang telah direncanakan
- Melakukan
pengamatan melalui rubrik pengamatan
tentang kondisi nyata proses pembelajaran (penilaian autentik)
- Memfasilitasi, mengarahkan, membimbing dan memberikan stimulus ketika proses pembelajaran
- Melakukan diskusi dengan siswa inti tentang pengalaman dalam pembuatan dan menyelesaikan tugas pembelajaran
3. Evaluasi
dan laporan (Minggu ke 3 dan 4)
- Menganalisa
hasil pelaksanaan pembelajaran dari mulai kekurangan dan kelebihan dari hasil
laporan tugas yang di berikan oleh siswa
- Memberikan
simpulan dan refleksi hasil pembelajaran berbasis Aktivitas yang sudah di
lakukan
- Membuat
Laporan hasil Kegiatan dari awal
(perencanaan) sampai akhir (penyusunan Laporan)
Dukungan yang dibutuhkan :
2. Mendapatkan izin dari( Kepala sekolah)
3. Dukungan dari rekan kerja dan tentu peran orang tua
4. Dukungan Lingkungan sekitar siswa
5. Dukungan sarana dan prasarana (jaringan internet, kuota, gawai dll)
2.
Cara mendapatkan yang dibutuhkan :
1. Menggunakan
fasilitas sekolah dan menggunakan fasilitas pribadi
2. Bisa dilakukan dengan komunikasi pada pihak terkait dengan baik
Terima Kasih
SALAM GURU PENGGERAK
2.
2 Comments
Mantap bu,
ReplyDeletethanks mommy
Delete