TikTok Learning- Aksi Nyata Penerapan Pemikiran Ki Hajar Dewantara Di Kelas dan Di Sekolah


RANCANGAN AKSI NYATA

PGP-1-Kabupaten Garut-Wina Dwina Hermayanti-1.1-Rancangan Aksi

Latar Belakang

Melihat kondisi nyata peserta didik yang masih Belajar dalam masa Pandemi/ Pembelajaran jarak Jauh (PJJ) dimana pembelajaran rasanya kurang efektif dan tidak beraktivitas nyata, maka dari itu dengan berbasis aktivitas diharapkan pembelajaran akan lebih efektif, nyata terasa dan merdeka, apalagi siswa terlibat langsung sebagai Subjek sekaligus  Objek pembelajaran  dan memanfaatkan lingkungan sekitar siswa. Maka dari itu saya sebagai guru penggerak selalu ingin menciptakan inovasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga mereka tetap semangat belajar walau hanya di rumah. Berdasarkan pemikiran Ki hajar Dewantara kita sebagai guru juga harus mengikuti atau menyesuaikan perkembangan anak pada zaman nya. Sebagai pendidik tentu kita juga harus bisa mengarahkan dan menuntun anak-anak kepada pembelajaran yang bermanfaat seperti mengajarkan teknologi selama Pembelajaran Jarak Jauh ini yang sangat diperlukan dalam pembelajaran. Agar tidak semakin jenuh, selain menggunakan pembelajaran daring/online saya juga menerapkan rencana aksi nyata ini dengan pembelajaran Luring atau kunjungan dengan kelompok belajar. 

Tujuan

Adapun tujuan TikTok Learning ini ialah diharapkan peserta didik :
1. Dapat lebih mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermanfaat
2. Dapat mengikuti pembelajaran yang sesuai kebutuhan dan kesenangan mereka 
3. Dapat menambah pengetahuan dengan Merdeka Belajar
4. Dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi dengan baik
5. Dapat menumbuhkan rasa percaya diri

Tolak Ukur

1. Diharapkan siswa merasakan keterlibatan langsung dalam pembelajaran.

2. Diharapkan siswa bebas merdeka dalam berkreativitas, pendapat ide dan gagasan dalam proses pembelajaran.

3. Diharapkan siswa mengikuti dengan antusias dalam melakukan setiap  pembelajaran kegiatan  dan di akhir pembelajaran tugas yang diberikan siswa dalam bentuk photo atau video serta audio.

4. Diharapkan ada peningkatan kompetensi baik sikap maupun pengetahuan baru serta penerapan teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh ini.

5. Literasi dalam pembelajaran bisa meningkat walau hanya dalam tayangan yang singkat.


Linimasa tindakan yang akan dilakukan:

 1. Persiapan (Minggu Ke 1)

- Menyiapkan kelas yang akan di jadikan tindakan untuk aksi nyata

- Menyiapkan bahan-bahan materi PPT, serta RPP

- Menyiapkan alat dan bahan pendukung

- Menyiapkan instrument rubrik pengamatan ketercapaian tujuan dan hal lain yang dapat mendukung

 

2. Tindakan (Minggu Ke 2)

- Melakukan aksi nyata sesuai dengan rencana

- Membimbing dan memfasilitasi siswa ketika proses pembelajaran berbasis Aktivitas sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan

- Melakukan pengamatan melalui rubrik pengamatan  tentang kondisi nyata proses pembelajaran (penilaian autentik)

- Memfasilitasi, mengarahkan, membimbing dan memberikan stimulus ketika proses pembelajaran   

Melakukan diskusi dengan siswa inti tentang pengalaman dalam pembuatan dan menyelesaikan tugas pembelajaran

  

3. Evaluasi dan laporan (Minggu ke 3 dan 4)

- Menganalisa hasil pelaksanaan pembelajaran dari mulai kekurangan dan kelebihan dari hasil laporan tugas yang di berikan oleh siswa

- Memberikan simpulan dan refleksi hasil pembelajaran berbasis Aktivitas yang sudah di lakukan

- Membuat Laporan hasil Kegiatan  dari awal (perencanaan) sampai akhir (penyusunan Laporan)

 

Dukungan yang dibutuhkan :

 1. Membuat Materi PPT tentang materi yang lebih menarik

 2. Mendapatkan izin dari( Kepala sekolah)

3. Dukungan dari rekan kerja dan tentu peran orang tua

4. Dukungan Lingkungan sekitar siswa

5. Dukungan sarana dan prasarana (jaringan internet, kuota, gawai dll)

2.    

Cara mendapatkan yang dibutuhkan :

1. Menggunakan fasilitas sekolah dan menggunakan fasilitas pribadi

2. Bisa dilakukan dengan komunikasi pada pihak terkait dengan baik



Terima Kasih

SALAM GURU PENGGERAK


2.