1.1 Latar Belakang
Pendidikan
yang Merdeka Belajar menjadi suatu visi penulis dalam membuat rancangan ini
karena melihat kondisi nyata peserta didik yang masih Belajar dalam masa
Pandemi/ Pembelajaran jarak Jauh (PJJ) dimana pembelajaran rasanya kurang
efektif dan tidak beraktivitas nyata, maka dari itu dengan berbasis aktivitas
diharapkan pembelajaran akan lebih efektif, nyata terasa dan merdeka, apalagi
siswa terlibat langsung sebagai Subjek sekaligus Objek
pembelajaran dan memanfaatkan lingkungan sekitar siswa. Maka dari
itu penulis sebagai guru penggerak selalu ingin menciptakan inovasi
pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga mereka tetap semangat
belajar walau hanya di rumah. Berdasarkan pemikiran Ki hajar Dewantara kita
sebagai guru juga harus mengikuti atau menyesuaikan perkembangan anak pada
zaman nya. Sebagai pendidik tentu kita juga harus bisa mengarahkan dan menuntun
anak-anak kepada pembelajaran yang bermanfaat seperti mengajarkan teknologi
selama Pembelajaran Jarak Jauh ini yang sangat diperlukan dalam pembelajaran.
Agar tidak semakin jenuh, selain menggunakan pembelajaran daring/online saya
juga menerapkan rencana aksi nyata ini dengan pembelajaran Luring atau kunjungan
dengan kelompok belajar.
1.2 Deskripsi Aksi Nyata
Berdasarkan latar belakang tersebut
penulis merancang aksi nyata yang berjudul “TikTok Learning” dimana Tik Tok ini
merupakan kepanjangan dari Teaching
Innovatively with Knowledge and Technology Of Kids pada intinya penulis
ingin menerapkan pembelajaran yang inovatif melalui media teknologi yang
menyenangkan bagi anak-anak. Adapun Tujuan utamanya yaitu Merdeka Belajar
dengan peran guru sebagai pembimbing
anak-anak yang mengarahkan dan mengembangkan
kodrat alam dan kodrat zaman siswa serta berusaha memberikan ruang
seluas-luasnya bagi siswa berkreasi dan
mengembangkan dirinya dalam pembelajaran. Disamping itu ada beberapa
tujuan spesifik yang ini penulis
dapatkan dari konsep pembelajaran (TikTok Learning) ini yaitu:
1. Dapat lebih mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan
dan bermanfaat
2. Dapat mengikuti pembelajaran yang sesuai kebutuhan dan
kesenangan mereka
3. Dapat menambah pengetahuan dengan Merdeka Belajar
4. Dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi dengan
baik
5. Dapat menumbuhkan rasa percaya diri
1. Menyampaikan
rencana aksi dan meminta ijin atasan serta meminta dukungan moral rekan sejawat.
2. Membuat
RPP
sesuai dengan kurikulum masa pandemic.
3. Mensosialisasikan
kepada siswa terkait aksi nyata Tik tok learning melalui WAG
4. Membuat
jadwal Tik-tok
learning dan menyampaikannya kepada siswa melalui WAG
5. Melakukan
aksi nyata
dengan kunjungan belajar dirumah siswa dengan kelompok belajar yang sudah
disepakati melalui WAG
6. Membuat
laporan dalam bentuk artikel, menyampaikan hasil kepada atasan dan
memaparkannya pada rekan sejawat
7. Melakukan refleksi
dan evaluasi
Perwujudan Pembelajaran
yang menyenangkan dengan menggunakan technology atau aplikasi media social yang
sedang mereka gemari ini dapat tersampaikan dengan baik. Produk kreativitas
berupa video aktivitas yang dikumpulkan sebagai suatu proyek disesuaikan dengan
daya dukung dari peserta didik tanpa memaksa terkait bahan dan bentuknya. Kesepakatan dalam hal proses dan jadwal
pengumpulan tugas disampaikan di awal pembelajaran.
1.3 Hasil Aksi Nyata
·
Guru dapat mengembangakan
inovasi pembelajaran yang berpihak pada murid (student centered) dengan
memberikan pembekalan pengetahuan dan teknologi.
·
Guru dan murid mampu memanfaatkan aplikasi atau media sosial seperti,
Gmeet, Zoom, TikTok, google classroom, instragam, facebook dan YouTube.
·
Ada motivasi murid
mengikuti kegiatan pembelajaran daring, karena teknologi digunakan varistif
·
Guru dapat
mengetahui teknologi yang disukai murid untuk pembelajaran jarak jauh.
·
Pembelajaran lebih
interaktif, karena murid kapan saja bias lewat WhatsApp group jika ada materi yang kurang dipahami.
·
Video pembelajaran
/rekaman/fpto kegiatan murid bisa diakses dari rumah karena di publish ke media sosial.
1.4 Refleksi Aksi Nyata
Selama Pembelajaran jarak jauh berlangsung,
dan setelah melakukan aksi nyata yang mengacu pada Tik Tok Learning (Teaching
innovatively with Knowledge Technology of Kids) ini ternyata banyak kendala
yang nantinya dijadikan tantangan yang dihadapi bagi guru dan murid. Permasalahan yang hampir sama
dirasakan oleh sekolah lain juga yaitu masih banyak murid yang tidak dapat
mengikuti pembelajaran jarak jauh serta kurangnya respon/umpan balik murid
terhadap tugas atau kegiatan pembelajaran.
Selanjutnya permasalahan yang dihadapi murid
juga yaitu sepeti gadget,/handphone, lokasi tempay tinggal murid yang jauh dari
jangkauan jaringan internet dan kuota. Hambatan dari luar juga seperti
kebiasaan bermain game online , malas mengerjakan tugas karena jenuh banyak
tugas serta kurang pengawasan dari orang tua ketika kegiatan pembelajaran di
rumah.
1.5 Pembelajaran yang didapat
Berdasarkan refleksi dari aksi nyata, ada beberapa hal yang menjadi pembelajaran yang berharga yaitu, sebagai guru tentu kita harus bias lebih bijaksana menghadapi situasi anak pada saat pandemic ini karena mereka memiliki banyak tantangan untuk bias mengikuti pembelajaran yang sesuai dengan yang kita harapkan. Kemudian ternyata kita tidak bisa memaksakan kehendak kita mengenai teknologi karena ternyata sebagian guru masih banyak yang belum memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi pembelajaran tersebut.
1.6 Rencana Perbaikan di Masa yang akan
Datang
Rencana Perbaikan yang akan saya lakukan dimasa dating ialah melakukan pembelajaran dengan kunjungan kerumah siswa atau luring. Sehingga pembelajaran jarak jauh ini dapat dilaksanakan secara optimal ditambah lagi sinergi atau kerja sama antara guru lain, murid dan orang tua dan perangkat teknologi yang digunakan. Akan tetapi secanggih apapun teknologi murid kita tetap membutuhkan kita sebagai guru untuk membimbing dan mendampingi dalam proses pembelajaran. Seperti pada filosofi Ki Hajar Dewantara, guru harus selalu menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak anak agar dapat memperbaiki lakunya dan memperoleh kebahagiaan dalam hidupnya.
SALAM GURU PENGGERAK
1.7 Dokumentasi Aksi Nyata
0 Comments